Lombok Eco Flea Market

Akhir pekan lalu, rangkaian acara eco flea market yang baru pertama kali diselenggarakan di Lombok berlokasi di The Patio pada tanggal 23–24 November 2019 terbilang cukup sukses, Lombok eco flea market merupakan acara dimana kalian bisa membeli produk-produk ramah lingkungan seperti sedotan bambu, sayuran/makanan organik, tanaman hias, kopi organik, sabun organik dan sebagainya langsung dari para pembuatnya yang tentunya ramah lingkungan.

Organiika ©Lombok Eco Flea Market

Para Penjual, Petani dan Yayasan yang ikut serta dalam acara ini datang dari seluruh penjuru Lombok mulai dari ujung timur sampai ujung barat pulau Lombok. Antusias para pengunjung/pembeli yang ikut meramaikan acara turut serta mendukung kelancaran acara tersebut.

Gili Eco Trust ©Lombok Eco Flea Market

Tujuan utama dari acara ini yaitu selain untuk menjual produk-produk unggulan dari masing-masing penjual, acara ini juga menjadi kesempatan yang bagus untuk promosi kepada customer secara langsung serta ajang untuk saling mengenal satu sama lain.

©Lombok Eco Flea Market

Acara ini cukup mendapat sambutan yang bagus dari pengunjung asing maupun lokal. Banyak pengunjung yang datang di kemudian hari membawa lebih banyak teman, berhubung libur akhir tahun sebentar lagi banyak dari mereka membeli barang-barang ramah lingkungan untuk hadiah hari Natal maupun sekedar hadiah untuk sanak keluarga.

©Gumi Bamboo

Disisi lain, dengan penjualan barang barang ramah lingkungan di Lombok Eco Flea Market juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan lebih memperhatikan konsumsi sejalan dengan misi nomor 4 pemerintah Nusa Tenggara Barat yaitu NTB Asri dan Lestari melalui pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan dengan masyarakat memulai dari gerakan sadar lingkungan hingga program aksi pengendalian pencemaran lingkungan, khususnya sampah plastik dan limbah industri melalui gerakan Zero Waste.

Gubernur Nusa Tenggara Barat ©Zulkieflimansyah

Cukup banyak penjual yang mengikuti acara ini merupakan usaha sosial dan komunitas yang fokus terhadap pemberdayaan wanita-wanita di desa terpencil dan terhadap kepeduliannya terhadap lingkungan seperti Gumi Bamboo, Nine-nine, Pelita Foundation, Pituq Community foundation, Gili Eco Trust, Lombok plastic free dan masih banyak lainnya.

Dengan membeli produk-produk ramah lingkungan dari mereka selain guilty free, kalian turut mendukung dalam kesejahteraan hidup para pengrajin/pekerja dan turut serta membantu mendukung program-program mereka.

Pelita Foundation Lombok ©Lombok Eco Flea Market

Walaupun acara ini sudah berakhir pekan lalu, namun tidak menutup kemungkinan di kemudian hari akan ada acara-acara serupa yang akan diadakan di tempat lain melihat dari antusias semua orang yang terlibat. Harapan kedepan dari acara Lombok Eco Flea Market adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya merawat lingkungan, bijak mengolah sampah dan lebih banyak menarik warga lokal turut serta memeriahkan acara tersebut.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Gumi Bamboo

Gumi Bamboo

Gumi Bamboo is a Lombok based Social Enterprise working closely with women group (previously employed as stone miners) to produce earth friendly product sourcing bamboo materials from their Community Forestry, providing them leadership & life skill through Bamboo craftsmanship.

Leave a Replay

From the Team

Most of our journey is described here. The story of Community, tips and tricks, news & articles are exclusively curated for you, our beloved supporters. 

Happy to be here? Why not buying us a cup of coffee? 

Recent Posts

Follow Us

We're also on Youtube!

Stay in the loop
or you can also support us on Ko-fi

×