Zero Waste Toiletries? Kenapa Tidak?

Tanpa kita sadari keperluan toilet kita juga adalah penyumbang polusi plastik di sekitar kita. Keperluan toilet seperti sikat gigi, sampo dan sabun dalam kemasan adalah the most common things yang ditemui di landfill (TPA) dan laut kita. Sudah saatnya kita lebih bijak dalam membeli produk keperluan pribadi terutama toileteries needs. Dalam kesempatan iini kita mau berbagi info mengenai beberapa barang-barang yang bisa menjadi alternatif untuk menghindari membeli kemasan plastik eceran untuk sampo sabun sikat gigi dan yang lainnya. Barang barang tersebut bisa dibeli tanpa kemasan, dan juga tersedia dalam jumlah banyak. Berikut adalah beberapa alternatif  keperluan kamar mandimu yang bisa kamu beli borongan (bulk) sebagai alternative kemasan sachet plastik dari sikat gigi, sabun dan yang lainnya.   

 1. Soda kue sebagai pengganti pasta gigi. Cukup mencampurkan baking soda dan virgin coconut oil dengan perbandingan 2:1 da voila kamu sudah bisa membuat pasta gigi kamu sendiri. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes essential oil.   

 2. Sikat gigi bambu sebagai pengganti sikat gigi gagang plastik. Nah, saat admin melakukan clean up day tadi tidak sedikit gagang sikat gigi yang kami temukan, dan well sekarang sikat gigi bambu sangat mudah di dapatkan dan orang tua kita juga punya alternatif lain seperti siwak.   

 3. Sabun handmade tanpa kemasan. Di lombok, atau di kota kamu pasti banyak sekali UKM yang memproduksi sabun handmade sendiri. Nah, selain mengurangi carbon footprint, kamu juga mendukung usaha lokal, dan biasanya lebih mudah juga untuk kamu request diberikan sabun tanpa packaging.   

 4. Sampo batangan atau sampo handmade. Sama halnya seperti sabun, shampoo bar sudah banyak di perjual belikan baik di offline store maupun online store 🙂   

 5. Cuka apel sebagai facial toner. Nah untuk kamu yang memiliki masalah jerawat, beberapa bulan ini kami mencoba menggunakan campuran cuka apel dengan air (filter water) dengan perbandingan 1:2 sebagai facial toner. Dengan perbandingan air dan cuka 1:1 kamu juga bisa gunakan untuk mendetox rambut kamu dari zat2 kimia dari shampoo ataupun hairspary. Kami juga gunakan untuk mengurangi ketombe.    

6. Spon pembersih badan memakai teruwuk  Nah siapa nih yang tiap mandi harus pakai spons untu exfoliating ? Kami sudah swap juga dari spons mandi biasa menjadi loofah atau gambas. Pastikan basahi dulu gambas sebelum pakai ya, agar lebih halus saat digunakan dan ganti gambas tiap 1-2 bulan sekali plus simpan dengan cara digantung :)Apakah semua list diatas baru buat kamu? tenang kami sudah kumpulkan beberapa referensi lengkap di blog kami terkait 6 item diatas. 

Referensi : https://youtu.be/QMAo9O40zp0https://sundayinwonderland.com/zero-waste-travel-toiletries-checklist/https://wellnesstravelled.com/zerowastetraveltips/

 1,052 total views

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Gumi Bamboo

Gumi Bamboo

Gumi Bamboo is a Lombok based Social Enterprise working closely with women group (previously employed as stone miners) to produce earth friendly product sourcing bamboo materials from their Community Forestry, providing them leadership & life skill through Bamboo craftsmanship.

Leave a Replay

From the Team

Most of our journey is described here. The story of Community, tips and tricks, news & articles are exclusively curated for you, our beloved supporters. 

You can also give donation as you wish to support our future content creations!

Recent Posts

Follow Us

We're also on Youtube!

Stay in the loop

×